22.31

Instalasi antara plafond dan slab

Diposting oleh Bennedictus anto kurniawan S.Ds |

sebuah public space memang kelihatan bagus apabila memiliki plafond yg tinggi tapi kita tidak boleh lupa kalau diatas plafond ada instalasi2 penting pendukung operasional tempat tersebut, misalnya
:-.ducting ac,exhaust dan fresh air
-.jalur jalur pipa plumbing
-.cable tray (alat khusus utk kabel)
Antara plafond dan slab (bagian bawah dari beton pembentuk lantai/ubin pada lantai diatasnya) harus diberi jarak yang sudah diperhitungkan dengan besaran dimensi2 instalasi tersebut

Susunan yang baik untuk instalasi tersebut adalah :
-.cable tray terletak paling atas karena bila cable tray ada di bawah maka akan berisiko terkena tetesan air apabila ada kebocoran pada pipa air atau juga karena tetesan ducting ac apabila terjadi kondensasi.
-.Ducting terletak di bawah kable tray karena instalasi ducting tidak memiliki elevasi, ducting hanya bisa di offset atau dibelokan. Sesuai dengan titik grill ac atau exhaust danfresh air.
-.plumbing terletak pada bagian paling bawah karena pipa harus memiliki elevasi atau kemiringan sehingga air dapat mengalir ke arah pembuangan yg akan dialirkan ke city drain.instalasi plumbing biasanya terdiri dari pipa air panas,bersih,kotor dan juga dingin(optional).


0 komentar:

Posting Komentar